Kamis, 28 Januari 2016

PENGERTIAN SERCHING DAN MACAM-MACAM SEARCHING



PENGERTIAN SEARCHING
SEARCHING adalah mesin pencari WEB atau yang lebih dikenal dengan istilah WEB SEARCH merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya.
                 Searching juga bisa diartikan  adalah proses pencarian data dari sekumpulan data yang sudah ada. Pencarian data sering juga disebut dengan table look-up atau store and retrieval information. Hasil dari suatu pencarian dapat bernilai salah (tidak ketemu atau tidak sukses) atau benar (ketemu atau sukses). Untuk data yang tidak ketemu biasanya ada prosedur tersendiri untuk menambah atau menyisipkan data yang belum ada tersebut.
Pencarian biner merupakan salah satu cara atau metode untuk melaksanakan proses pencarian. Cara ini merupakan cara yang paling cepat di antara metode-metode yang lainnya. Metode pencarian biner dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama-tama data-data yang sduah ada harus diurutkan dahulu. Selanjuutnya data yang sudah diurutkan tadi disebut sebagai vektor. Kemudian vektor tadi dibagi menjadi dua subvektor yang memiliki jumlah elemen yang sama, kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data terakhir dari subvektor pertama. Jika data tersebut lebih kecil maka berarti data kemungkinan ada di subvektor pertama, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor pertama dengan terlebih dahulu membagi subvektor tadi menjadi dua subvektor. Jika lebih besar maka berarti data kemungkinan ada di subvektor kedua, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor kedua dengan terlebih dahulu menbagi subvektor tadi menjadi dua subvektor.
FITUR DASAR PENCARIAN
  1.  AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari. contoh ukiran jepara maka masukan ukiran and jepara atau ukiran+jepara
  2.  OR :Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. contoh sayur or ikan atau sayur | ikan
  3.  FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda ” “. contoh “perangkat lunak”
  4.  NOT : Hasil pencarian yang mengandung kata yang di depan, tapi tidak dibelakang (-). contoh, ikan -nila kata tersebut akan mencari kata ikan tapi tidak untuk nila
  5.  SINONIM (~) : Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. contoh, ~mobil akan membawa hasil pencarian mobil dan sinonim-sinonimnya.
  6.  ASTERIK (*) : Karekter pengganti kata. dari contoh, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng dan lainnya ayam*pedas

Jenis-jenis Searching

Sequential Search
Pencarian sekuensial (sequential search) atau sering disebut pencarian linier menggunakan prinsip sebagai berikut : data yang ada di bandingkan satu persatu secara berurutan dengan yang dicari. Pada dasarnya, pencarian ini hanya melakukan pengulangan dari 1 sampai dengan jumlah data. Pada setiap perulangan , di bandingkan data ke-i dengan yang dicari. Apabila sama , berarti data telah ditemukan . Sebaliknya apabila sampai akhir pengulangan , tidak ada yang sama berarti data tidak ada.



Binary Search
Salah satu syarat pencarian biner (binary search) dapat dilakukan adalah data sudah dalam keadaan terurut. Dengan kata lain, apabila data belum dalam keadaan terurut , pencarian biner tidak dapat dilakukan . Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita juga sering menggunakan pencarian biner. Misalnya saat kita ingin mencari suatu kata dalam kamus.


2 komentar:

  1. kalau cuma 2 gk GK USAH DI TULIS MACAM MACAM doy..
    tulis aja PENGERTIAN SERCHING DAN 2 METODE SEARCHING

    BalasHapus